Rabu, 09 Januari 2013

Yuk Intip Pusat Perakitan Pesawat Sukhoi Superjet 100 Di Rusia

Tentu masih ingat di kepala agan² mengenai jatuhnya pesawat canggih Sukhoi superjet  yang kemarin jatuh di gunung salak dan sampai sekarang masih jadi misteri kenapa tuh pesawat buatan rusia bisa kaya gitu..??  Bagi yang belum tau apa itu Pesawat Sukhoi Superjet 100  ane mau kasih penjelasan sedikit :



Pesawat buatan Rusia, Sukhoi Superjet 100 (SSJ100), merupakan pesawat kategori penumpang yang dibagi dalam dua jenis kapasitas, 75 orang dan 95 orang.

Setiap pesawat Superjet 100 didukung oleh mesin SaM146 turbofan baru yang dikembangkan oleh PowerJet. Kecepatan maksimal pesawat yang diproduksi perdana pada 2007 itu adalah 0,81 mach (992,29 kilometer per jam) dengan ketinggian terbang maksimum 12,5 kilometer.

Berat maksimum yang dapat ditahan ketika 'take-off' 38.8 ton, 35 ton ketika mendarat, dan berat kosong 9,13 ton. Pesawat yang melakukan terbang perdana pada 19 Mei 2008 itu memilki dimensi panjang 26,44 meter, tinggi 10,283 meter, dan lebar sayap 27,80 meter.

Pesawat itu dikendalikan oleh dua pilot itu membutuhkan landasan dengan lebar 1,803 kilometer untuk terbang. Jarak tempuh yang dapat dicapai Sukhoi Superjet 100 kapasitas 95 kursi adalah 3.279 kilometer dan 4.620 kilometer untuk versi Superjet 100-95LR.

Di sisi interior, kabin pesawat superjet 100 kelas bisnis terdiri dari empat kursi dalam satu baris dan kelas ekonomi terdiri dari lima kursi dalam satu baris. Dimensi lebar kabin pesawat 127,48 inci (3,22 meter), ketinggian kabin 2,12 meter, dan jarak lebar antar kursi 18,31 inci (0,47 meter).

Sukhoi Superjet 100 memiliki fitur sistem kontrol elektronik 'fly-by-wire' yang dapat menambah dan mengurangi gigi untuk pendaratan, selain sistem rem sebagai kestablilan pesawat ketika mehanan berat.

Nah Sekarang  saya mau  bawa agan² jalan² ke salah satu tempat dimana Pesawat canggih tersebut di buat dan di rakit secara satu persatu dan penuh ketelitian.


Tampak depan nih gan...Dilarang bawa camera..karena ane mata² profesional jadi gak masalah jadinya



Kantornya gan

bagan / model rakitannya gan

Bahan mentahnya  gan yang siap di olah



Serbuk besi yang udah di parut

System juga pake komputerisasi tentunya



Ini gak boleh manual..ada tandanya tuh











Rangka lambung kapal


Di ukur manual biar presisi




Bagian sayap / wingsnya gan










Daleman

Perut bawah

Tampak Depan


Beberapa yang udah di rakit

Pada pusing kayaknya neh montir2 nya gan

Sekarang Waktunya para srikandi berkerja


Sampe ke bagian wiringny jg cewek gan

Kebayang gan klo sampe ngurut kabel gara2 putus






sayap dalem niy

Cockpit pesawat..kebayang masang kabelny kek apa


Buritan kapal


Kabel emang bikin mumet


Lagi garap kokpit niy gan

Bagian jet nya




Bagian bagasi bawah

Kokpitnya udah setengah jadi gan

Seatnya masih di bungkush gan



Nah sekarang udah cakepkan kokpitmya


Si Om lg masang ban..tubeless gak tuh yaw


Wah buritannya yang tadi dah jadi gan

Toilet jg dah jadi

Udah ada yang jadi tuh

Bagian dalem/ Kabinnya jg dah cakep gan


Dah siap test nih gan

Dan akhirnya sudah ready gan....






Tidak ada komentar:

Posting Komentar