Senin, 02 Juli 2012

Yakin 2 Tahun Kedepan Bakal Musnah Di Muka Bumi


Permainan Anak Tradisional vs Modern
ini mungkin semakin terlupakan oleh anak anak kecil di jaman sekarang ini, dahulu anak2 sering brkmpul dan bermain bersama, untuk mengenal lawan jenis mereka pun brmain brsama. karena kebersamaan mereka yg mmbuat kekompakan suatu klmpok, dn membuat daya kreatif anak menjadi lebih bagus. Nmun dgn seiring brubahnya jaman permainan ank jman dahulu mulai punah dan hampir tdk pnh ada lg kita jmpai anak2 kecil yg brmain. karena sekarang prmainan anak sdh di didukung oleh kcnggihan tknologi yg sdh mempngaruhi anak2 jaman skg.
Perbedan permainan jaman dahulu dengan jaman sekarang adalah :

1. Jaman dahulu:
Spoiler for klik:

- tidak memerlukan biaya yang mahal
- meningkatkan kekompakan anak
- kerjasama antar anak yang kuat
- tanpa memilih teman yang kaya ataupun miskin


2. Jaman sekarang

Spoiler for klik:

- memerlukan biaya yang lebih banyak
- bermain secara individu ( karena permainan tergantung skill masing masing anak semakin sering memainkan semakin hebat)
- permainan kerjasamanya kurang, lebih ke ego dan gengsi
- permainan tertentu yang bisa dinikmati semua anak


Dilihat dari perbedaan tersebut bisa kita lihat perbedaannya, berikut adalah macam-macam permainan anak tradisional / jaman dahulu :

1.Permainan Lompat Tali :

Spoiler for klik:

prmainan ini ada hkuman nya trsendiri bgi siapa yg tdk bs mlewati tggi tali karet yg dbntangkan mka akn gantian brjga sbg pmegang talinya.
prmainan ini murah n tdk mmerlukan biaya lbh, kkompakan dr permainan ini jg bgus, krn smgat dr anak2 utk brhasil mlwatinya jg di prlukan tknik sndri n lmpatan yg tggi, kdg dgn brbgai cara akn mreka cba utk dpt mlwti nya.

2. Permainan Gobak Sodor :

Spoiler for klik:


Prmainan gobak sodor ini jg prmainan yg mnarik n mmerlukan kkompakan sbh klompok, prmainan ini trdiri dr 2 klompok. Klompok pnjaga n klompok yg hrs bsa mloloskan diri dri pnjagaan. Prmainan ini hny brbentuk kotak bjur sangkar yg biasanya ada 4 kotak / 6 kotak bujur sangkar. klompok pnjaga brdiri di gris yg sdh dtentukan sdangkan lwan hrs bs msuk ke kotak tsb dgn syrat tnpa trpgang / di sentuh oleh penjaga nya.Prmainan ini jg tdk mmerlukan bnyk biaya, hny lhan yg agk luas.


3. Permainan Petak Umpet :

Spoiler for klik:



Petak Umpet, jenis permainan yang memerlukan kesiagaan bagi anak yang menjaga tempat dimana digunakan sebagai tempat untuk mematikan lawan yang bersembunyi, apabila sudah mengetahui lawan yang kelihatan dengan menyebut namanya dan memegang tempat pertahanannya. Namun selain mempertahankan tempat tersebut penjaga juga harus mencari anak lainnya yang bersembunyi, sampai semua anak yang bersembunyi tersebut di temukan.


4. Permainan Enggrang :

Spoiler for klik:


sudah lama kita ketahui dan permainan ini memerlukan bahan dari batang bambu yang diberi sandaran untuk kaki berpijak, permainan ini memerlukan keseimbangan tubuh dan teknik tersendiri agar dapat berdiri dikedua bambu tersebut sambil berjalan. Memang sedikit sulit bila kita mempraktekan langsung. Permainan anak-anak ini juga tidak memerlukan biaya yang mahal, karena hanya memerlukan batang bambu saja.


5. Permainan Gundu (kelereng) :

Spoiler for klik:

Permainan gundu/kelereng ini paling sering dilakukan anak laki laki, yang mana permainan ini memerlukan alat yang disebut kelereng, permainan ini ada berbagai macam yang mana pemain yang kalah akan kehilangan kelereng nya. Dari permainan ini anak yang memainkan juga harus tangkas dan konsentrasi untuk memenangkan permainan ini. permainan ini biasa nya sering dilakukan di permukaan tanah yang rata karena kelereng berbentuk bulat dan mudah menggelinding.

6. Permainan layang-layang

Spoiler for klik:

Dibalik permainannya yang sederhana ternyata ada manfaat lain dari permainan layang-layang ini, diantaranya menumbuhkan semangat kerjasama, mengenalkan anak-anak pada alam dan menumbuhkan semangat kerja keras. Permainan ini bahkan mampu menjadi media eksplorasi pengenalan lingkungan bagi anak-anak yang sesuai dengan fitrah anak untuk bermain, bergerak dan bahkan menjadi sumber keceriaan. Coba bandingkan anak-anak yang sering bermain permainan ini pasti memiliki kemampuan motorik yang lebih gesit, cekatan, dan lincah dibandingkan anak dibesarkan oleh permainan digital.

7.Permainan bentengan

Spoiler for klik:

Permainan bentengan adalah salah satu permainan tradisional yang patut dilestarikan. Dalam permainan bentangan ini, para pemain dituntut untuk pandai berstrategi, kompak, mau bekerja sama dan tangkas. Jadi selain mengolah raga, permainan tradisional yang satu ini juga melatih mental dan mengasah kreativitas.

Cara Bermain:


Prmainan bntngan ini lbh sru jika dimainkan olh 6 org atau lbh. Pra pmain dbgi mjdi 2 klmpk shinga masing2 klmpk brjumlah 3 orang. Masing klompok memilih phon / tiang sbg bntengnya. Tgas pra pmain adlh mnjaga bntngnya agr tdk dkuasai lwan. Mrka jg hrs mlindungi teman2nya agar tidak dtwan musuh.


8.Permainan umbul

Spoiler for klik:

Dnmkan gbr umbul krn dlm prmainan ini gbr yg diadu hrs dlempar keudara. Gmbr yg mng adlh gbr yg tngadah klihatan gbrnya n yg klh adlh gbr yg tlungkup tdk trlihat gbrnya. Gbr umbul yg trkumpul trs dijepit diantara jri tgah n tlunjuk n djentikkan ke udara shgga semua gbr brterbangan. sluruh psrta berdebar2 mnunggu gbr jgoannya jtuh di permukaan tnh. Jmlah truhan trgantung ksepkatannya. Smkin bnyk jmlh truhan, maka yg ikut main biasanya jg smkin sdkt, yg lainnya hny mnonton. Biar rame n brlngsung lma biasanya jmlah truhannya ckp satu gbr umbul sj


anak sekarang uda pada individu gan...
masih kelas 2 sd maenannya uda PB, poker. mayoritas si autisnya gara gara maen




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10486853

Tidak ada komentar:

Posting Komentar