Minggu, 01 Juli 2012

MACARON - Ueeenaaak Tenan !!!




Yup!!! Macaron, cookies kecil berbentuk lucu dan imut juga memiliki warna yang bervariasi , Makanan yang satu ini belakangan menjadi Tren di dunia kuliner di indonesia , ramai orang berbondong bondong mencari makanan yang satu ini , tapi apakah agan agan tau sejarah dari macaron ini ?? mari kita kupas bersama di thread ini

Spoiler for Buka:
Spoiler for Asal Usul:
Berasal dari kata Italia, maccarone atau maccherone yang artinya fine dough atau adonan yang lebih halus, macaron dapat ditemukan dalam berbagai rasa. Mulai dari rasa tradisional seperti cokelat atau raspberry hingga rasa baru seperti cappuccino dan green tea. Awalnya berasal dari Perancis dengan sebutan macaroon. Namun dalam bahasa Inggris, macaroon juga mengacu pada kata macaroon sebagai ‘kelapa’. Kemudian banyak yang mengadopsi ejaan Perancis menjadi macaron untuk membedakan dua hal tersebut.
Sejarah macaron masih belum dapat dipastikan berasal darimana. Hanya banyak yang menyebutkan bahwa macaron dibawa dari Italia ke Perancis oleh Ratu Catherine de Medici, isteri Raja Perancis, Henry II, beserta juru masaknya pada tahun 1533



Menjadi populer di Perancis ketika dua orang biarawati Carmelite yang membuat macaron dan menjualnya untuk membiayai kehidupan mereka di saat terjadi revolusi Perancis. Adalah Pierre Herme yang memiliki ide merekatkan dua keping macaron dengan isian krim dan kemudian lebih dikenal sebagai art master yang menciptakan aneka rasa macaron yang lebih modern.
Di kota Montmorillon, macaron begitu terkenal hingga terdapat sebuah museum yang didedikasikan untuk ketenarannya. Resep macaron di sebuah toko macaron tertua di Montmorillon, Maison Rannou-Metivier, tidak pernah berubah selama lebih dari 150 tahun.
Bentuk khas yang ditandai lingkar halus, kubah atas berpori (atau yang disebut sebagai ‘kaki) dan basis datar ini memiliki rasa manis dengan tekstur garing di bagian luar dan chewy di bagian dalam. Rasa almond sangat dominan di bagian kulit yang diberi isian ganache, buttercream atau selai dengan metode pengisian dijepit di antara dua macaron seperti cookie sandwich.


Spoiler for Salah Persepsi:
kebanyakan orang bingung manakah pelafadzan yang benar apakah macaron atau macaroon ?? Jangan sampai salah sebut, karena ternyata dua nama ini dimiliki oleh dua jenis kue yang berbeda!
Seperti yang dilansir dari Shine, macaron dan macaroon sendiri sebenarnya memiliki arti harfiah yang sama. Baik macaron maupun macaroon berasal dari bahasa Italia, ammaccare, yang berarti garing. Namun hanya itu saja kesamaan mereka, mengenai bentuk dan rasa, keduanya cukup jauh berbeda.

Kue macaron terbuat dari tepung almond, putih telur, dan gula pasir yang bagian tengahnya diisi dengan krim mentega atau krim buah-buahan. Rasa macaron ini renyah ketika digigit, namun lembut ketika sudah berada di dalam mulut.

Kue macaron disebut juga French macaroon, sementara dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama macaron. Mungkin hal ini yang menyebabkan Anda bingung ketika membedakan antara macaron dan macaroon.

Sementara macaroon sendiri adalah kue yang terbuat dari kelapa, putih telur, dan gula yang biasanya dibentuk dengan menyerupai pipa. Untuk menikmati macaroon, terkadang orang-orang mencelupkannya ke dalam cokelat. Nama lain macaroon adalah congolais, yang juga sangat terkenal di Perancis. Macaroon sering disajikan saat perayaan paskah karena bahannya tidak mengandung tepung.
Spoiler for Macaron And Macaroon:


Spoiler for Laduree Cake Shop:

Macaron di toko kue ini begitu terkenal. Bisa dibilang, disinilah macaron asli diproduksi. Aneka rasa macaron yang lezat dan kemasan yang tak kalah cantik disesuaikan dengan musim atau tema tertentu yang sedang berlangsung.
Toko kue ini adalah toko Louis-Ernest Laduree, paman dari Pierre Herme yang terkenal dengan idenya merekatkan macaron dengan isian berbagai macam rasa. Di sana, Anda tidak hanya disuguhkan dengan manisnya rasa macaron tapi juga susunan begitu banyaknya macaron dengan warna-warni menarik. Banyak kreasi cantik dari macaron. Salah satunya adalah menara yang ditempel dengan susunan warna macaron menjulang tinggi sebagai centre point dalam sebuah acara.
Saking terkenalnya, Laduree sering digunakan sebagai tempat shooting film-film seperti Marie Antoinette dan Gossip Girl. Kabarnya, di tahun 2012 ini akan dirilis kosmetik yang terinspirasi dari warna-warna macaron mereka. Wow!
Spoiler for Cake Shop:




sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15231972

Tidak ada komentar:

Posting Komentar