Kamis, 28 Juni 2012

mengetahui radikal bebas dan tipsnya


paru-paru merupakan organ dalam kita yang bercontact langsung dengan dunia luar dari pada organ lain.....
jadi paru-paru merupakan organ dalam yang paling riskan terkena penyakit
Radikal bebas dan antioksidan adalah istilah yang sering kali kita dengar, tapi banyak kaskuser yang mungkin tidak mengetahui apa arti yang sebenarnya dari radikal bebas itu.
sekilas tentang radikal bebas Radikal bebas adalah molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain. Radikal bebas dapat dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat kimiawi dalam makanan dan polutan lain.

Penyakit yang disebabkan oleh radikal bebas bersifat kronis, yaitu dibutuhkan waktu bertahun-tahun untuk penyakit tersebut menjadi nyata. Contoh penyakit yang sering dihubungkan dengan radikal bebas adalah serangan jantung dan kanker. Untuk mencegah atau mengurangi penyakit kronis karena radikal bebas diperlukan antioksidan.

Pembentukan radikal bebas dalam tubuh :
  • Pada waktu kita bernapas (hasil samping proses oksidasi atau pembakaran)
  • Olahraga yang berlebihan
  • Jika terjadi peradangan
  • Terpapar polusi lingkungan (asap rokok, kendaraan bermotor, radiasi), dll

Pada saat terjadi infeksi, radikal diperlukan untuk membunuh mikroorganisme penyebab infeksi. Tetapi paparan radikal bebas yang berlebihan dan secara terus-menerus dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan sel untuk beradaptasi terhadap lingkungannya, dan pada akhirnya dapat menyebabkan kematian sel. Radikal bebas bersifat reaktif, dapat menyebabkan kerusakan sel, mengurangi kemampuan adaptasi sel, bahwa kematian sel sehingga timbul gangguan / penyakit.

Penyakit yang disebabkan atau dikaitkan dengan radikal bebas :
  • Kanker
  • Aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah)
  • Penuaan (Aging)
  • Penyakit neurodegeneratif (Alzheimer Disease, Dementia/pikun, dll)
  • Penyakit / gangguan paru, hati & ginjal
  • Katarak, dll

Sistem Antioksidan Tubuh Melawan Bahaya Radikal Bebas

Untuk melawan bahaya radikal bebas, tubuh telah mempersiapkan penangkal yaitu dengan sistem antioksidan. Ada 3 golongan antioksidan dalam tubuh yaitu :
  • Antioksidan Primer : Berfungsi mencegah pembentukan radikal bebas, misalnya Transferin, Feritin, albumin.
  • Antioksidan Sekunder : Berfungsi menangkap radikal bebas dan menghentikan pembentukan radikal bebas, misalnya Superoxide Dismutase (SOD), Glutathion Peroxidase (GPx), Vitamin C, Vitamin E, B-Caroten, dll.
  • Antioksidan Tersier atau repair enzyme : Berfungsi memperbaiki jaringan tubuh yang rusak oleh radikal bebas.

gmn dong bro kita meminimalisirnya?
kalau ente merasa tenggorokan berlendir,batuk atau sakit di bagian dada,mendingan ente jangan dulu panik dan membeli obat yang banyak bahan kimianya,kalau ada yang herbal buat apa makan yang bahan kimianya tinggi
buah-buahan yang bagus untuk paru-paru

1.BUAH JERUK
vitamin C pada buah jeruk dapat membantu mencegah kerusakan pada paru-paru yang di sebabkan oleh radikal bebas,secara alami anti-inflamasi yang dapat mengurangi pembengkakan jaringan paru - paru-paru seperti asma. Vitamin C juga berperan baik untuk meningkatkan kesehatan paru - paru, dan dapat mengurangi risiko penyakit paru obstruktif kronik pada perokok.

2.buah berry
Jenis berry seperti blackcurrant, blueberry dan strawberry mengandung resveratrol fitokimia yang kuat, yang secara alami memiliki anti-inflamasi, anti-pembekuan darah, meningkatkan memori, meningkatkan metabolisme lemak dan dapat menghambat stress oksidatif yang menyebabkan kanker paru - paru. Menurut Paul Gross, PhD, dalam bukunya "Buah Super", makan buah ini secara teratur dapat menurunkan risiko penyakit jantung sebesar 20%. Berries juga tinggi anthocyanin yang dapat membantu mengurangi kanker paru - paru dan saluran pencernaan.

3.Tomat dan Apel
Mengkonsumsi 3 buah tomat atau 5 buah apel seminggu dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Hal ini disebabkan oleh adanya phytochemical ditemukan di kulit buah. Zat ini merupakan antioksidan yang dapat melindungi jalan napas dari iritasi eksternal. Seperti, polusi dan asap rokok. Selain tomat juga kaya akan protein beta seperti vitamin A dan likopen yang dapat menjaga kesehatan mata.






sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=15170375

Tidak ada komentar:

Posting Komentar