Senin, 25 Juni 2012

Buat pengemar Yoda, Maaf ya ini fakta..



Indonesian Idol diharapkan mampu menjadi ajang pencari bakat bagi seniman muda negeri ini, khususnya seni tarik suara. Dari panggung inilah publik menilai siapa peserta yang harus diberikan dukungan lewat SMS, dan siapa pula yang tidak layak mendapat dukungan. Pertarungan semakin menarik karena walaupun kontestan tampil memukau tapi kalau tidak didukung jumlah sms yang memadai maka pudarlah sudah harapan untuk jadi “the next Indonesian idol".

Bisa dibilang Indonesian idol adalah ajang pencarian bakat menyanyi paling hebat di Indonesia saat ini. Dengan tidak adanya lagi kontes-kontesan serupa sejak beberapa tahun terakhir, kontes Indonesian idol berlari sendirian saat ini menghisap atensi, uang, pengaruh dari masyarakat indonesia menuju kesuksesan yang akan terekam dalam data dunia pertelevisian Indonesia ke depannya. Dengan jumlah peserta audisi yang katanya mencapai ratusan ribu orang dari berbagai kota dari seluruh penjuru Indonesia, dengan social media yang semakin berpengaruh dalam sendi kehidupan masyarakat Indonesia, kontes indonesian idol kali ini akan sangat berkemeriahan. salah satu indikasi akan hal ini tampak dari ucapan host dari Indonesian idol tadi yang menyatakan indonesian idol telah menjadi trending topic di Twitter secara worldwide.

Dukungan lewat SMS ini sesungguhnya merupakan perpaduan antara penilaian dewan juri dan selera pendengar/pemirsa. Para Dewan Juri dengan segenap teori dan pengalaman yang dimilikinya memberikan penilaian tersendiri dengan memaparkan hasil penjuriannya, sementara penonton menyampaikan penilaiannya lewat SMS. Adakalanya diantara ketiga juri tersebut terdapat perbedaan pandangan dan penilaian, seperti yang sering terjadi antara Anang dan Dhani dalam hal menilai penampilan pesertanya.

Dewan juri rasanya tak mungkin salah dalam menilai, mereka terdiri dari orang-orang yang sudah punya nama dalam bidang tarik suara, kemampuan mereka sudah tidak diragukan lagi. Tapi kewenangan mereka amat terbatas hanya sebatas memberikan evaluasi atas penampilan peserta, sementara pendapat akhirnya berada diujung jari pengirim SMS.

Mekanisme pengiriman dukungan SMS tidak diatur secara jelas, seorang pemilik telpon genggam bisa saja mengirimkan SMS secara berulang-ulang. Kondisi ini makin diperparah lagi oleh adanya sikap primordial sempit yang berbau kelompok, pertalian darah atau rasa simpati sesama daerah asal. Dukungan diberikan bukan atas dasar penilaian kemampuan peserta saat perform, tetapi atas dasar suka atau tidak suka.

Kemungkinan dukungan SMS seperti ini tetap ada, dan tak jarang kita dengar disuatu daerah ada kelompok tertentu bekerja secara khusus mengalang dukungan untuk salah seorang peserta, sering pula kita dengar ada pejabat daerah yang dengan sengaja menghimbau warganya agar mengirimkan SMS dukungan terhadap peserta idol yang berasal dari daerahnya. Dukungan semacam ini, tentu akan menyelamatkan sipeserta, tapi bisa dipastikan tidak akan mampu menyelamatkan harapan kita yang ingin menjadikan Indonesian Idol sebagai tempat melahirkan penyanyi berbakat.

Seperti diperlihatkan oleh Dhani tadi malam, ia bangkit dari kursinya, datang ke arah Dion, memeluknya, dan kabur dari panggung yang spektakuler itu. Dhani tak tampak lagi hingga acara itu usai. Aksi Dhani itu saya yakin sebagai bentuk protes terhadap masuknya Yoda ke tiga besar ala demokrasi SMS. Demokrasi yang dibangun atas kekuatan capital. Demokrasi yang tidak mementingkan kapasitas dan kualitas. Demokrasi yang tak menyentuh substansi. Di tangan demokrasi ala SMS, orang yang bagus harus terjungkal oleh orang kurang bagus. Meski tidak serupa, saya jadi ingat pemilihan umum yang selalu dimenangkan oleh calon yang memiliki uang banyak, meski kualitasnya minta ampun...

YODA mau di bilang rocker tapi engak pernah keluar suara cadasnya bahkan sering lupa lirik. Salah lirik kan fatal buat penyanyi apalagi kalau bahasa inggris engak jelas banget. Yoda disandingkan dengan Rossa tadi malam...Kebanting banget, tambah kelihatan tuh mana kualitas penyanyi yang layak dapat standing aplause. Buat pengemar Yoda....Maaf ya ini fakta...






sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=14982406

Tidak ada komentar:

Posting Komentar