Senin, 18 Juni 2012

Piala Eropa 2012 : Kemenangan Spanyol Bikin Casillas Lega


http://i.dailymail.co.uk/i/pix/2012/06/18/article-2161260-13AC20D4000005DC-808_634x422.jpg


Sempat kesulitan membongkar pertahanan Kroasia, Spanyol akhirnya mencetak gol di menit-menit akhir dan memastikan lolos ke perempatfinal. Kemenangan ini menghadirkan kelegaan bagi Iker Casillas.

Menghadapi Kroasia di laga terakhir Grup C di PGE Arena, Selasa (19/6/2012) dinihari WIB, Spanyol tampil dominan. Penguasaan bola tim arahan Vicente del Bosque itu mencapai 64%.

La Furia Roja juga tercatat melakukan serangan yang cukup gencar. Situs resmi UEFA mencatat Spanyol melakukan 14 kali tembakan dengan sembilan kali mengarah sasaran.

Namun serangan Andres Iniesta dkk. banyak yang patah oleh rapatnya pertahanan Kroasia. Spanyol baru memecah kebuntuan menjelang akhir babak kedua saat Jesus Navas mencetak gol di menit ke-88.

Kemenangan ini mengantar Spanyol lolos ke peremparfinal dengan status sebagai juara grup. Mereka mengumpulkan tujuh poin hasil dari dua kemenangan dan satu hasil imbang.

"Aku pikir ini adalah pertandingan yang sangat menegangkan, tapi ini normal karena laga ini penting untuk lolos ke babak berikutnya," ujar Casillas di situs resmi UEFA.

"Kroasia menyiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kami. Mereka menyulitkan kami untuk menciptakan peluang, mereka bertahan dengan sangat baik."

"Pada akhirnya kami beruntung, memainkan sepakbola satu sentuhan kami dan mencetak gol telat. Ini terasa seperti beban yang dilepaskan dari pundak kami," tutupnya.



Spanyol Singkirkan Kroasia



Spanyol berhasil memastikan satu tempat di babak perempatfinal setelah menundukkan Kroasia 1-0 di laga terakhir Grup C. Gol tunggal La Roja dicetak Jesus Navas di menit-menit akhir laga.

Bertanding di PGE Arena, Selasa (19/6/2012) dinihari WIB, Spanyol memang lebih menguasai jalannya pertandingan.

ESPN Soccernet mencatat sang juara bertahan memiliki penguasaan bola sebesar 72 persen juga mendapatkan kesempatan 15 kali menembak dengan delapan kali mengarah sasaran. Sedangkan Kroasia hanya tujuh kali menembak dan tiga di antaranya on target.

Hasil ini mengantar Spanyol lolos sebagai juara grup dengan nilai tujuh poin dari tiga kali pertandingan. Di sisi lain, Kroasia tersingkir dengan perolehan empat poin, terpaut satu angka dari Italia yang jadi runner-up usai menang dari Republik Irlandia.

Di pertandingan selanjutnya, Spanyol akan menghadapi runner-up Grup D pada 23 Juni mendatang.



He can't miss... can he? Spain midfielder Jesus Navas is presented with an empty net

He can't miss... can he? Spain midfielder Jesus Navas is presented with an empty net

No mistake: Navas blasts the ball into Croatia's unguarded goal to settle the game

No mistake: Navas blasts the ball into Croatia's unguarded goal to settle the game




Jalannya Pertandingan
Baru tujuh menit berjalan, pertandingan sempat terhenti sebentar lantaran adanya nyala api yang diduga berasal dari tribun pendukung Kroasia.

Kerjasama apik antara Andres Iniesta dengan David Silva pada empat menit kemudian. Iniesta mencoba melakukan tendangan tapi belum menguji kiper Stipe Pletikosa.

Serangan Spanyol kembali menemui kegagalan. Di menit 23, tendangan Fernando Torres masih mampu diselamatkan Pletikosa. Demikian dengan upaya dari Sergio Ramos.

Krosia menghasilkan tembakan pertama pada dua menit kemudian. Sepakan Danijel Pranjic mengarah tepat ke Iker Casillas.

Ramos melanggar dan melukai Mario Mandzukic saat mencoba mengamankan bola di dalam kotak penalti. Tidak ada penalti untuk Kroasia.

Kroasia mendapat peluang emas setelah restart. Di menit 58, Casillas jatuh bangun menyelamatkan sundulan Ivan Rakitic yang didahului dengan umpan bagus dari Luka Modric.

Spanyol memperoleh sepak pojok sembilan menit berselang. Ramos melakukan sundulan namun bola melambung di atas mistar.

Satu peluang dibuang oleh pemain pengganti, Cesc Fabregas. Menerima umpan Iniesta, Fabregas terlalu lama menggocek bola sehingga tendangannya bisa diblok oleh pemain lawan.

Serangan balik Kroasia di menit 79. Tembakan keras Ivan Perisic, pemain yang baru masuk, bisa dihalau oleh Casillas. Skor masih 0-0.

Iniesta! Empat menit berselang, Fabregas menemui Iniesta yang diteruskan dengan tembakan mendatar. Bola masih mudah diamankan Plestikosa di tiang dekat.

Gol! Spanyol akhirnya memecah kebuntuan di menit 88 melalui Jesus Navas. Fabregas mengirim operan kepada Iniesta yang diteruskan kepada Navas untuk disepaknya kencang-kencang ke gawang Kroasia.




Susunan Pemain:

Kroasia: 1-Stipe Pletikosa; 21-Domagoj Vida (9-Nikica Jelavic 65'), 5-Vedran Corluka, 13-Gordon Schildenfeld, 2-Ivan Strinic; 7-Ivan Rakitic, 8-Ognjen Vukojevic (22-Eduardo 81'); 11-Darijo Srna, 10-Luka Modric, 6-Danijel Pranjic (20-Ivan Perisic 65'); 17-Mario Mandzukic

Spanyol 1-Iker Casillas; 17-Alvaro Arbeloa, 15-Sergio Ramos, 3-Gerard Pique, 18-Jordi Alba; avi, 16-Sergio Busquets, 14-Xabi Alonso; 21-David Silva (10-Cesc Fabregas 73'), 9-Fernando Torres (22-Jesus Navas 60'), 6-Andres Iniesta
( rin / roz )

Relief: Navas (centre left) is congratulated by Andres Iniesta (centre) and Cesc Fabregas

Relief: Navas (centre left) is congratulated by Andres Iniesta (centre) and Cesc Fabregas

Golden chance: Spain goalkeeper Iker Casillas (centre) saves from Croatia midfielder Ivan Rakitic (left)

Golden chance: Spain goalkeeper Iker Casillas (centre) saves from Croatia midfielder Ivan Rakitic (left)

Tight angle: Fernando Torres (right) shoots under pressure from Danijel Pranjic (left) and Domagoj Vida

Tight angle: Fernando Torres (right) shoots under pressure from Danijel Pranjic (left) and Domagoj Vida

SCrap: Spain defender Sergio Ramos (left) gets to grips with with Croatia playmaker Luka Modric

SCrap: Spain defender Sergio Ramos (left) gets to grips with with Croatia playmaker Luka Modric






sumber :http://sport.detik.com/pialaeropa/read/2012/06/19/023820/1944565/514/spanyol-singkirkan-kroasia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar