Selasa, 26 Juni 2012

¤¤ Mengenal & Memperbaiki Mobil Sendiri ¤¤


MENGENAL DAN MEMPERBAIKI MOBIL SENDIRI

GANGGUAN PENYEBAB DAN TINDAKAN

Mesin Tidak Berputar


Penyebab : Sakelar pengapian rusak

Tindakan
: Sambungkan aki dan terminal-terminal starter dengan kabel langsung, jika senoid (kumparan) berbunyi 'klik' maka kontaknya rusak. Ganti dengan yang baru menurut keperluan.

Penyebab : Sambungan aki putus atau longgar, aki kosong atau (pada mobil bertransmisi) sakelar pengaman netral rusak. Jika relay starter berbunyi 'klik' tetapi mesin tidak berputar, periksa starter sambungannya dengan kemungkinan kondisi rusak.

Tindakan
: Perbaiki bagian-bagian penyebab menurut keperluan

Mesin berputar tetapi tidak mau hidup


Penyebab : Platina terbakar atau berlobang

Tindakan
: Ganti dengan platina baru

Penyebab : Menara-menara distribusi atau terminal-terminalnya berkaitan

Tindakan
: Bersihkan atau ganti dengan yang baru.

Penyebab : Kap pengapian (koil) atau kabel tegangan yang bertegangan tingii dalam kondisi basah

Tindakan
: Bersihkan, keringkan atau ganti dengan yang baru bila diperlukan

Penyebab : Kebocoran berlebihan pada tekanan (resistor) kondensor output atau isolasi

Tindakan
: Periksa dengan alat penguji (tester) distributor dan kondensator. Pastikan bahwa sambungan ke kondensator tidak rusak. Atau ganti dengan yang baru bila perlu.
Quote:
Penyebab : Kumparan (koil) rusak

Tindakan
: Cabut kabel pusat dari kap distributor dan dekatkan antara 1 sampai 1,5 cm pada blok mesin. Jika tidak ada lompatan api atau ada tapi dengan kondisi yang lemah, maka koilnya rusak atau ada kerusakan pada sirkuit primer.

Penyebab : Tahanan ( wesrstand, resistance ) primer tidak tepat

Tindakan
: Periksa penurunan voltage pada kabel atau balast tahap primer dengan sebuah voltameter, atau ukur tahanan unit tersebut dengan menggunakan ohm meter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi. Pemeriksaan cepat untuk mengetahui rusak atau tidaknya tahanan primer, dilakukan dengan mem bypass (menyambung sirkuit primer tanpa melalui unit tahanan tersebut dengan kabel langsung).

Mesin susah distart


Penyebab : Api busi lemah

Tindakan
: Periksa keadaan platina dan kawat sirkuit primer, kemungkinan salah sambung

Penyebab : Sambungan sirkuit koil terbuka atau korsleting dengan massa

Tindakan
: Sambungkan sebuah lampu penguji 110 volt pada terminal-terminal primer koil. Jika lampu tidak menyala, maka sambungan sirkuit primer terbuka (terputus). Sambungkan lampu tersebut antara terminal tekanan tinggi dengan terminal-terminal primer koil. Sambungkan salah satu terminal lampu pada tabung koil dan terminal lainnya pada terminal tegangan tinggi dan primer. Jika lampunya menyala atau terjadi lompatan api pada titik kontak, maka kumparan koil korsleting dengan massa.

Penyebab : Busi kotor atau kurang tepat pemasangannya

Tindakan
: Bersihkan busi dan pasang ulang dengan baik

Penyebab : Kabel busi pecah atau rusak

Tindakan
: Perbaiki atau ganti dengan yang baru. Ukur tahanan pada kabel-kabel tekanan tinggi dengan ohmmeter untuk memastikan bahwa syarat-syarat pabrik terpenuhi.

Penyebab : Aki lemah atau rusak

Tindakan
: Isi ulang aki atau ganti dengan yang baru.

Mesin susah distart dalam kondisi panas


Penyebab : Api bocor antara kabel dan busi

Tindakan
: Jika api tidak mampu menjembatani jarak antara 1/4 sampai 3/8 inci secara teratur, periksa keadaan platina, kondensator dan koil.

Penyebab : Cuk macet tertutup

Tindakan
: Lepaskan menurut keperluan
Quote:
Penyebab : Motor starter atau kabelnya rusak

Tindakan
: Perbaikan atau ganti dengan yang baru

Penyebab : Mesin terlalu panas

Tindakan
: Periksa bagian pendingin mesin seperti radiator. Servis jika diperlukan.

Mesin susah distart dalam kondisi dingin



Penyebab : Satu komponen atau lebih dari bagian pengapian bekerja kurang sempurna

Tindakan
: Periksa seluruh bagian pengapian dengan alat atau pengujian yang cocok

Penyebab : Aki lemah atau rusak

Tindakan
: Isi aki atau ganti dengan yang baru.

Penyebab : Oli terlalu kental

Tindakan
: Buang dan ganti dengan oli yang cocok untuk kondisi mesin.

Mesin berjalan tetapi pengapian tidak rata pada kecepatan tinggi


Penyebab : Busi kotor atau stelan gap nya kurang tepat

Tindakan
: Bersihkan busi, dan stel ulang pemasangannya.

Mesin berjalan kurang sempurna pada kecepatan tinggi



Penyebab
: Stelan saat (timing) pengapian terlalu "na"(terlambat)

Tindakan
: Stel menurut ketentuan.

Penyebab : Ujung pemutusan distributor rusak

Tindakan
: Ganti !

Penyebab : Busi kotor, stelan gap nya kurang tepat atau jangkauan panasnya tidak cocok untuk mesin tertentu

Tindakan
: Bersihkan, stel atau ganti.

Penyebab : Koil atau kondensator tidak bekerja semestinya

Tindakan
: Periksa dengan alat pengapian yang tepat. Ganti jika perlu.

Boros Bensin


Penyebab : Ujung-ujung pemutusan distributor kotor atau stelannya kurang tepat

Tindakan
: Bersihkan, stel lagi atau ganti

Penyebab : Timing pengapian, stelannya kurang tepat.

Tindakan
: Stel menurut ketentuan
Quote:
Penyebab : Setelan maju distributor kurang tepat

Tindakan
: Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan.

Akselerasi Kurang


Penyebab : Timing pengapian terlalu terbelakang

Tindakan
: Periksa dengan tester dan perbaiki menurut ketentuan
Quote:
Penyebab : Busi kotor atau setelan gapnya kurang tepat

Tindakan
: Bersihkan, stel ulang atau ganti.

Penyebab : Platina kotor

Tindakan
: Periksa dan bersihkan setelan maju distributor

Ban mencicit ketika berbelok


Penyebab : Tekanan ban kurang atau tidak sama

Tindakan
: Pompa menurut ketentuan

Penyebab : Poros atau spidlenya bengkok

Tindakan
: Ganti bagian-bagian yang rusak

Penyebab : Sambungan peluru (ball joint) suspensi depan atau sambungan kemudi kurang longgar

Tindakan
: Setel ulang dan longgarkan

Putaran kemudi sukar kembali


Penyebab : Sambungan kemudi dan sambungan peluru (ball joint) terlalu seret

Tindakan
: Lumasi dan longgarkan

Penyebab : Tekanan pompa hidrolis kurang tinggi (khusus untuk kemudi hidrolis)

Tindakan
: Pompa diperbaiki atau saluran-saluran yang tersumbat dibersihkan





sumber :http://www.kaskus.co.id/showthread.php?t=10370341

Tidak ada komentar:

Posting Komentar